Wednesday 18 November 2015

WISATA LIANG TEDONG-TEDONG.

 Liang Tedong-Tedong terletak di Buntuballa, kec. Balla. Didalamnya terdapat wadah penyimpanan mayat ( Erong ). Makam kayu yang telah berusia ratusan tahun ini berjumlah 19 buah, ada yang berbentuk perahu dan ada pula yang berbentuk kerbau (Tedong). Erong berdiameter antara 70-120 cm , mempunyai panjang 2-3 m dan tinggi 1-2 m serta terbuat dari kayu local kelas satu ( Uru ).

  

Makam ini berlokasi dipinggir jurang sehingga diharapkan untuk berhati-hati ketika menuju tempat tersebut. Selain itu, sering juga terlihat salah satu jenis serangga yaitu Lebah sebagai penjaga makam tersebut, sehingga sebelum masuk kedalam tersebut, diharapkan untuk membawa Sirih Pinang dan diletakkan didepan kuburan dengan harapan agar penjaga kuburan dapat menerima pada saat kita berkunjung.

Menuraut cerita, pada masa lampau terjadi banjir yang menimpa lembah tersebut dan semua makam kayu tua hanyut terbawa arus air sungai. Namun, makam-makam kuno ini tidak jauh terseret arus dan tanpa disentuh tiba-tiba makam ini berkumpul kembali pada tempatnya seperti semula, kecuali satu makam kayu yang terbawa arus sampai ke kec. Messawa. Sehingga tempat ini diberi namaMinaga, yang diambil dari nama tempat asal makam sebelum terhanyut yaitu Minanga Buntuballa. Makam Tedong-tedong terdaftar sebagai Benda Cagar Budaya      . .  .                                                                 Nasional.


No comments:

Post a Comment